Thursday, November 28, 2013

Browse Manual » Wiring » » » » Time Is All

Time Is All


Trik ini disubmit oleh Ahmad Avi, Winner of The Battle of Wikumagic May 2010 

Komentar  Wiku the Online Magician  :  Sebuah tips managemen wakt yang ditulis dengan sangat baik sekali oleh Ahmad Avi.  Sebuah show magic, terutama bila berskala besar seperti The Master wajib memperhatikan manajemen waktu dengan sangat cermat.  Dalam artikel ini, Ahmad Avi tidak hanya menunjukkan cara membagi waktu dalam sebuah pertunjukan, namun juga banyak tips-tips berguna lainnya.  Well done!

Time is All
Waktu adalah uang. Bagi sebuah pertunjukan terutama magic, waktu adalah dasar dari semua permainan. Bila permainan itu terlalu cepat, penonton akan mengira kita tidak kreatif karena tidak bisa mengatur waktu. Dan juga penonton tidak bisa menikmati pertunjukan itu dengan lega. Sedangkan bila pertunjukan itu terlalu lambat, penonton akan cepat bosan dan akhirnya mengalihkan perhatian kepada hal lain. Oleh karena itu, wajib bagi kita untuk mengatur timing (pewaktuan) yang tepat untuk menampilkan sebuah permainan magic.
Terdapat solusi untuk mengatur ketepatan timing, di antaranya :

1.                  targetkan waktu
Menargetkan waktu yang tepat untuk sebuah pertunjukan magic adalah hal terpenting dari semuanya. Kita harus menentukan durasi yang tepat untuk menampilkan sebuah pertunjukan magic. Semua itu tergantung pada jenis magic apa yang ingin kita tampilkan. Beberapa contoh jenis aliran magic dan pewaktuannya adalah          :
§     Mentalism & escapology                     : 5 – 10 menit
Untuk permainan mentalism dan escapology yang hanya memiliki satu efek/ satu puncak, waktu yang paling aman adalah 5 – 10 menit. Hal itu untuk mempersempit kesempatan munculnya / bertambahnya heckler dan kebosanan penonton. Bila seandainya efek hanya berdurasi kurang dari 5 menit, magician bisa mengisinya dengan cerita, mendramakan, atau bahkan menambahkan beberapa trik pemanis.
Atau jika misalnya permainan mentalism dan escapology itu memiliki lebih dari 1 efek (contohnya seperti kolaborasi antara mentalism dengan escapology yang dipertunjukkan Deny Darko pada grand final season 2), 12 – 15 menit adalah waktu yang paling aman. Namun, jika memainkan lebih dari satu efek, diharapkan efeknya berbeda – beda atau memuncak sehingga heckler tak bisa menebak trik dengan mudah dan penonton tidak merasa bosan dengan perform yang itu – itu saja.
§     Classic magic, Extreme Card Manipulation, & Close Up Magic        : 2 – 5 menit
Classic dan close up magic adalah aliran yang membutuhkan kecepatan tangan dan konsentrasi tinggi. Oleh karena itu, disarankan untuk memainkannya 2 – 5 menit agar tangan tidak diforsir untuk bekerja terus menerus. Khusus untuk classic magic, lebih baik jangan menggunakan media yang sama dalam satu kali pertunjukan. Sehingga penonton tidak bisa menebak apa yang akan terjadi dan yang akan dilakukan magician. (contohnya tidak menggunakan media kartu (XCM) saja).
Dan khusus untuk close up magic, diharapkan jangan menggunakan media yang berbeda jauh. Lebih baik menggunakan medium yang sama tetapi menggunakan efek yang berbeda - beda. (contohnya menggunakan kartu tetapi efeknya berbeda – beda). Dan jika bisa, lebih baik cerita itu digabungkan dengan cerita dan medianya pun lebih berbeda dari close up illusionist yang biasanya. (contohnya Ivan ketika grand final season 4 yang menggunakan media kura – kura brazil dan menggabungkannya menjadi sebuah cerita).
§     Ventriloquism                                     : 2 1/2 – 4 menit
Ventriloquism adalah pertunjukan membuat boneka berbicara tanpa membuka mulut lebar –lebar. Oleh karena itu, 2,5 – 4 menit adalah waktu yang tepat untuk pertunjukan ini agar pesulap bisa mengatur nafas dan mengistirahatkan mulut beberapa saat.
Untuk saran, lebih baik boneka dibuat bicara dengan cerita – cerita yang lucu dan diselingi gerakan – gerakan lucu untuk mengistirahatkan mulut pesulap beberapa saat. Sehingga, suara tidak habis ketika pertunjukan masih berlangsung.
§     Faqir / extreme magic                          : 3 – 15 menit
Faqir/extreme magic adalah pertunjukan yang memiliki waktu yang paling lama. Mengapa? Karena dalam extreme magic, tidak hanya menampilkan magicnya saja. Tetapi pesulap juga menyisipkan cerita/ aksi yang digunakan untuk memperkuat karakter sang faqir magician. Untuk faqir magic ini, diutamakan satu efek magic tetapi dengan aksi yang mendramatisir penonton. Sehingga ketegangan penonton serasa memuncak walaupun hanya diperlihatkan sebuah efek. Jika emmang ingin menampilkan banyak efek, lebih baik antara efek pertama dengan efek kedua diberi perbedaan puncak ketegangan atau efek yang berbeda tetapi tidak melenceng jauh dari konsepnya. (contohnya atraksi dilindas motor cukup sekali saja. Bila memang ingin menampilkannya beberapa kali, di akhir pertunjukan, diberi efek lain seperti dilindas mobil atau dilindas beberapa motor sekaligus).

2.                  simulasi
Lakukan simulasi yang cukup. Apakah waktu yang digunakan cocok dengan target kita? Jika memang terdapat kelebihan/kekurangan waktu, itu berarti perlu diadakan perubahan baik itu basa – basinya, trik tambahannya, dll.

3.                  atur strategi
Banyak yang bilang, heckler adalah pengganggu sebuah show magic. Tapi sebenarnya secara tidak langsung, ia malah membuat suasana menjadi lebih tegang. Ia juga membuat penonton tidak bisa menebak sebuah ending show Anda. Jadi, atur strategi supaya tantangan yang diajukan heckler menguntungkan Anda. Ya, memang akan menambah waktu yang Anda targetkan. Tetapi setidaknya, Anda terhindar dari suasana yang penuh kebosanan dan efek yang itu – itu saja. Boleh saja Anda menampilkan trik baru yang memiliki efek sama dengan trik yang hampir terbongkar tersebut.
Siapkan beberapa trik tambahan yang anda kuasai. Hal itu ditujukan tidak untuk heckler, tetapi juga penonton. Jika penonton mulai terlihat bosan, kita bisa menampilkan trik cadangan itu.

4.                  lihat suasana
Sebelum Anda perform, lihatlah suasananya. Bagaimanakah penontonnya? Apakah mereka merupakan tipe yang mudah bosan, mudah memberi applause, atau bahkan beresiko menjadi heckler. Lihat juga suasananya. Trik apa yang pantas Anda tampilkan pada tempat itu, pada waktu itu, atau pada suasana itu. Pilih juga penampilan apa yang cocok untuk Anda untuk menampilkan magic di keadaan itu. Misalnya, Anda menampilkan sebuah acara magic di jalanan (street magic) jangan memakai penampilan yang mencurigakan, jangan memakai alat sulap yang terlalu berat, dan jangan menunjukkan permainan pada orang yang sedang menunggu kendaraan angkutan. Nanti malah ketinggalan bis  …..
Catatan          :
  • Solusi – solusi di atas tidak hanya dapat diterapkan di show magic saja. Tapi, Anda juga bisa memakainya pada acara presentasi, MC, dll.

  • Untuk mengamati keadaan penonton yang bosan, lihat pada sebagian besar saja. Jangan tertuju pada seorang penonton. Mungkin saja seorang penonton itu memang tak mudah tertarik.

  • Lihat pada penonton. Jika mereka mulai ramai, pura – pura menguap, mengalihkan pandanagn, atau bahkan beranjak dari tempat duduknya, itu berarti mereka benar – benar bosan. Antisipasilah kejadian ini dengan memakai trik yang memiliki efek dahsyat dengan permainan yang sederhana.


Biodata           :
Nama                          : Ahmad Avi
Aliran                         : Scientific Magic
Alamat                        : Surabaya Selatan

 


Jika anda menyukai artikel ini, mohon kunjungi link sponsor di bawah untuk mendukung kelangsungan blog Wikumagic

No comments:

Post a Comment